Agar Jantung SEHAT (trust me, it works!)

Sering kita bertanya2 mengapa banyak sekali orang terkena serangan jantung? Lalu bagaimana cara menjaga jantung kita? ada sebuah kisah menarik, Dia adalah seorang dokter, Myriam Horsten namanya. Bertahun-tahun ia menekuni bidang khusus kesehatan jantung. Bahkan bertahun-tahun juga dia terpaksa sering menyaksikan pasiennya kehilangan nyawa. but… There’s something interesting… Daya tahan terhadap serangan jantung ternyata tidak berhubungan langsung dengan pola makan, gaya hidup, dan bahkan tingkat tekanan ketika mereka menghadapi persoalan dalam kehidupan bermasyarakat.

Aneh.justru orang-orang yang lebih lemah daya tahan jantungnya adalah mereka yang tinggal menyendiri dengan tentram, jarang menghadapi persoalan pelik kehidupan, danmereka menjalani hari-harinya dalam kemapanan, nyaris tanpa gejolak dan tantangan. Ritme kehidupan mereka linear datar.

Rasa penasaran Horsten kian membara, dan ia pun melakukan penelitian dengan koleganya dari Karolinska Institute, Stockholm, Swedia. Dia mengukur dan merekam detak jantung 300 wanita sehat selama 24 jam dilakukan secara periodik selama bertahun-tahun. Penelitian juga dilakukan kepada teman2 300 wanita ini, sekaligus diusahakan mendapat gambaran tentang seberapa tinggi tingkat kemarahan dan depresi mereka.

Horsten dan timnya tertarik dengan apa yang disebutnya sebagai ‘variabilitas detak jantung’. Ini adalah suatu tolok ukur untuk mengetahui perubahan detak jantung yang terjadi selama sehari (24 jam). Hasil penelitian bertahun-tahun ini mengejutkan; orang yang sehat dan berjantung kuat justru mereka yang memiliki rentang variabilitas detak jantung yang tinggi. BAhkan rentang it sangat variatif, artinya, detak jantung mereka sangat variatif.

Sangat jelas tergambar orang yang aktif dan banyak berubungan dengan sesama manusia mengalami berbagai guncangan emosi; mereka tertawa, bersemangat, marah, bergairah. Mereka frustasi, berelaksasi, sedih, tegang , senyum, takut, cemas, lesu. Segala hal yang emosional ini mempengaruhi berbagai macam hormon, utamanya hormon adrenalin yang juga mengatur ritme kerja jantung.

Bukankah dengan demikian jantung justru bekerja lebih keras? Ya. Dan jika bekerja lebih keras, maka jadilah ia mudah sakit? Justru sebaliknya. Horsten berkata “Justru jantung dalam kondisi seperti itu adalah jantung yang berolahraga. Jantung ini menjadi terlatih dan kuat.Jantung seperti ini justru jantung yang sehat ” sebaliknya jantung orang yang kehidupannya datar-datar saja , tenteram-tenteram saja adalah jantung yang variabilitas detaknya rendah akibatnya jantung ini lemah.

So, bagaimana menguatkan jantung kita? “GAMPANG” Perbanyaklah hubungan dengan sesama, perkaya getar-getar emosi bersama mereka, lakukan hal-hal yang variatif dalam kehidupan, dan cobalah tantangan-tantangan baru! dan jadilah diri sendiri, be u’r self guys !!!

2 thoughts on “Agar Jantung SEHAT (trust me, it works!)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s